Exclusive Content:

Pasien BPJS Diduga Dilecehkan Perawat RS Hermina Makassar

Lentera-Warga, Makassar | Seorang ibu rumah tangga (IRT) kecewa terhadap pelayanan yang ia terima dari RS. Hermina, Jalan Toddopuli Raya Timur, kota Makassar.

Sebut saja MIW(50)tahun, wanita paru baya ini mengaku diterlantarkan saat ingin melakukan pemeriksaan kesehatan, bahkan bukan hanya itu MIW juga mengaku dirinya dilecehkan oleh oknum perawat dengan kata-kata yang tidak pantas.

Kepada awak media MIW membeberkan, pada Selasa (04/07/2023) jelang maghrib dirinya mengalami sesak napas dan tekanan darah tinggi, kemudian MIW meminta tolong kepada adiknya untuk diantarkan ke RS Hermina yang kebetulan tidak jauh dari rumah tempat tinggal adiknya. Setelah MIW dan adiknya tiba di Hermina, adik MIW mengatakan ke perawat kalau kakaknya mengalami sesak nafas, dan perawat tersebut kemudian melakukan pemeriksaan darah dan menyuruh MIW untuk berbaring di tempat tidur pasien sambil menunggu panggilan pemeriksaan kesehatan.

” Saya tiba di RS. Hermina pada pukul 17.30 setelah shalat magrib. Kemudian saya langsung keruangan Unit Gawat Darurat (UGD) RS, setelah duduk beberapa lama nama saya dipanggil untuk dilakukan pemeriksaan tekanan darah atau ditensi dan hasilnya 170 tapi, perawat itu menulis di pembukuan 160. Kemudian saya disuruh berbaring di tempat tidur pasien untuk menunggu pemeriksaan selanjutnya yaitu pemeriksaan kesehatan. Tetapi, hingga hampir satu jam lebih saya belum mendapatkan pelayanan dari perawat RS. Hermina, sementara sakit yang saya alami semakin sesak napas ku dan sakit kepala juga kasian”beber MIW, Rabu (05/07/2023).

See also  BMKG Rilis Cuaca Ekstrim Diprediksi Berlanjut Hingga 2 Januari 2023

Karena terlalu lama menunggu sementara MIW tidak sanggup lagi menahan sakit akibat sesak nafas yang ia alami, dirinya MIW menyuruh anaknya untuk mmenyampaikan ke perawat kenapa dirinya hingga saat ini belum dilayani atau diberikan tindakan.

“Karena sakit saya tambah parah, saya menyuruh anak saya untuk menyampaikan ke perawat itu, tetapi apa yang diharapkan tidak sesuai, perawat tersebut malah mengatakn, hari ini sibuk jawab petugas yang ada di UGD. Padahal yang kami lihat perawat itu cuman di depan komputer saja dan katanya mereka melayani dulu yang mau meninggal dengan nada ketus ke anak saya. Karena mendapat perlakuan seperti itu saya pun merasa kecewa dan ingin berobat di tempat lain saja, ” terang MIW.

“Percuma ada BPJS mandiri kalau tidak dilayaniki, apalagi tidak pernahkah telat membayar,” kata MIW rasa kecewa.

Karena tidak dilayani dengan baik oleh perawat di RS Hermina, sebelum meninggalkan rumah sakit MIW menyampaikan ke oknum perawat akan melaporkan perlakuan yang ia terima. Tapi, bukannya takut malah oknum tersebut mengolok-olok MIW .

” Saya mendapat perlakuan lebih tidak manusiawi pak, sebelumnya saya tidak dilayani dengan baik, setelah saya tinggalkan rumah sakit saya malah diejek pak waktu saya mau keluar dari ruang UGD, perawat itu menunjuk ke arah pintu keluar dan berkata di situ pintu keluarnya dengan bahasa mengejek,” beber MIW ke awak media.

See also  Gowa Urutan ke-3 Pemkab se Indonesia Dalam Pembelanjaan Produk Melalui e-Katalog

Sementara itu pihak rumah sakit Hermina yang diwakili oleh manajer pelayanan pasien didampingi manajer pelayanan medis dr Nur, berdalih bahwa walaupun pasien itu menggunakan BPJS atau umum bukan jaminan, apabila saat itu kamar full otomatis pasien tersebut akan ditolak.

“Mau dia pakai pribadi kek, mau pakai asuransi kek, tetap kami tolak.Kalau memang harus nenjalani perwatan inap apalagi kalau pada saat itu tidak ada kamar yang kosong alias full,” ucapnya ke media, pada Rabu (05/07/2023).

Ditambahkan manajer pelayanan pasien “pada saat pasien datang, perawat mengarahkan untuk berbaring, syukur itu Alhamdullilah di suruh baring dari pada duduk di kursi roda. Karena pada waktu ada pasien yang lebih gawat dari pada itu ibu, pasien kondisi berdarah darah robek arterinya, jeleknya di bilang lebih gawat dari itu ibu yang sesak napas dan tekanan darah tinggi. Ada yang emergency yang lebih gawat membutuhkan, jadi kami melayani dulu orang yang mau meninggal itu,”terangnya.

Usai melakukan pembelaan terhadap kelakuan oknum perwatnya yang diduga menelantarkan MIW hingga mengolok-olok pasien tersebut, tiba-tiba salah satu dari mereka yakni manajer pelayanan medis bernama dr Nur menyadari kalau mereka berdua direkam media. Dan kemudian dengan nada kesal menyampaikan ke media untuk tidak merekam pembicaraan mereka.

See also  Kasrem Pimpinan Upacara Pengantaran Jenazah Prajurit Satgas Yonif 711/RKS

“Saya tidak mau bicara bila kita rekam, karena kita belum siap untuk di wawancara dan kita harus menyurat resmi dulu kalau ingin wawancara. Kami tidak bersedia untuk di rekam, kalau misalnya nanti kami menemukan pemberitaan yang tidak sesuai dengan pernyataan, kami akan menuntut balik,” tegas dr.Nur Sorayya manjer pelayanan medis di hadapan awak media .

Menanggapi kejadian tersebut, Sekjen L-Kompleks, Ruslan Rahman mengatakan perilaku perawat itu diduga melanggar kode etik Keperawatan dan Prinsip Etik Keperawatan dan mendesak Persatuan Persatuan Perawat Indonesia (PPNI) agar segera memproses perawat yang diduga melanggar kode etik Keperawatan dan Prinsip Etik Keperawatan dan memberi sanksi yang tegas agar pelayanan kepada masyarakat dapat terjamin.

Lanjut Ruslan, dan untuk manajer pelayanan (dr. Nur Sorayya) sebagai manajer dan profesi dokter harusnya lebih bijak dalam menangani keluhan pasien demi menjaga citra rumah sakit tempatnya mengabdi, bukan mencari pembenaran terhadap kelakuan perawatnya, untuk Ruslan mengecam tindakan dan perilaku dokter tersebut yang patut diduga juga melanggar kode etik Profesi dan Ruslan berharap agar Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan segera turun tangan mengusut tuntas kejadian tersebut dan mengambil tindakan tegas baik terhadap Rumah Sakit maupun Manajemen Rumah Sakit. (**)

Latest

L-Kompleks Soroti Edaran Larangan Pungli Disdik Sulsel Yang Tetap Dilanggar SMAN 2 Makassar

Lentera-Warga, Makassar | Kisruh Kasus dugaan Pungutan Liar (Pungli)...

Rekanan Lolos, PERAK Desak Kajati Sulsel Atensi dan Supervisi Kasus Bandara Selayar

Lentera-Warga, Makassar | Pengadilan Negeri Makassar telah mengvonis bersalah...

Pemantau Pemilu Siapkan Award Bagi Warga Yang Mau Laporkan Caleg Nakal

Lentera-Warga, Makassar | Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) LSM PERAK...

Ketua LPP Perak Apresiasi Kunjungan Asian Network For Free Elections (ANFREL)

Lentera-Warga, Makassar | Organisasi Pengawas Pemilu Internasional ANFREL (Asian...

Newsletter

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Don't miss

L-Kompleks Soroti Edaran Larangan Pungli Disdik Sulsel Yang Tetap Dilanggar SMAN 2 Makassar

Lentera-Warga, Makassar | Kisruh Kasus dugaan Pungutan Liar (Pungli)...

Rekanan Lolos, PERAK Desak Kajati Sulsel Atensi dan Supervisi Kasus Bandara Selayar

Lentera-Warga, Makassar | Pengadilan Negeri Makassar telah mengvonis bersalah...

Pemantau Pemilu Siapkan Award Bagi Warga Yang Mau Laporkan Caleg Nakal

Lentera-Warga, Makassar | Lembaga Pemantau Pemilu (LPP) LSM PERAK...

Ketua LPP Perak Apresiasi Kunjungan Asian Network For Free Elections (ANFREL)

Lentera-Warga, Makassar | Organisasi Pengawas Pemilu Internasional ANFREL (Asian...

Sekjen L-Kompleks: Dugaan Nikah Siri Kadisdik Makassar Langgar Aturan

Lentera-Warga, Makassar | Tragedi rusaknya Moral Pemimpin kembali dipertontonkan...
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

L-Kompleks Apresiasi Polda Sulsel Atas Mulai Bergulirnya Laporan Dugaan Tipidkor Boarding School

Lentera-Warga, Makassar | Laporan pengaduan dugaan korupsi pada program Boarding School SMA se Sulawesi Selatan yang diduga terjadi sejak 2017 hingga 2022 mulai ditindak...

TNI Dapatkan Kepercayaan Tertinggi, Pangdam V/Brawijaya Sebut Babinsa Punya Andil Besar

Lentera Warga, Trenggalek | Di balik tingginya kepercayaan masyarakat terhadap TNI, Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Farid Makruf menilai, hal itu tidak terlepas dari peran...

Ruslan: Komisaris Wika Beton Berhasil Membuat KPK Lamban Dalam Kasus Suap Hakim Agung

Lentera Warga, Jakarta | Lembaga Komunitas Peduli Lingkungan Ekonomi Sosial (L-Kompleks) mendesak KPK segera mendalami serta menetapkan tersangka lain dalam kasus dugaan suap jual...

Guru Jual Buku di MAN 2 Model Makassar Terindikasi Melanggar UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

Lentera-Warga, Makassar | Jual beli buku kembali mencuat dan ditanggapi dengan serius oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Peduli Lingkungan Ekonomi Sosial (L-Kompleks), dimana L-Kompleks menemukan...

Aroma Pungli Berkedok Sosialisasi Pemanfaatan Dana BOP dan Penyusunan RKAS 2023

Lentera Warga, Makassar | Sosialisasi Pemanfaatan Dana BOP dan Penyusunan RKAS 2023 pada Dinas Pendidikan Kota Makassar kembali menuai sorotan keras dari Lembaga Swadaya...

Satgas Pamtas Yonif 132/BS Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

Lentera Warga, Keerom | Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara Yonif 132/BS Pos Wembi melaksanakan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda Di Kp.Piyawi, Distrik...

Indonesia Tak Perlu Khawatir Jadi Pasien IMF kembali Seperti Akhir Era Orde Baru

Lentera Warga | Di sosmed, beredar viral pujian luar negeri terhadap Presiden Joko Widodo. Dari Eropa, Amerika, Afrika, Asia, dan Australia. Bahkan di Australia,...

Kasus Dugaan Penipuan Anggota DPRD Sulsel (ASM) Berproses Hukum di Polda Sulsel

Lentera Warga, Makassar | Anggota DPRD Sulsel, ASM dari PPP yang berkasus dengan Hj. Heryana terkait dugaan penipuan dan penggelapan sedang menggelinding proses hukumnya...

Lagu Bergenre Pop Dangdut Dilantunkan Adiarsa MJ di YouTube

Lentera Warga, Makassar | Tri Production kembali meluncurkan lagu terbarunya. Lagu yang diberi judul Pandangan Cinta ini mulai tayang hari ini di YouTube, Selasa...

Koramil 1715-05/Batom Gelar Patroli Humanis Dan Mengajar Siswa Sekolah Dasar

Lentera Warga, Batom | Untuk menjaga keamanan serta kenyamanan masyarakat dan membantu aparat pemerintah, Koramil 1715-05/Batom bersama anggota Bhabinkamtibmas kembali melaksanakan patroli humanis di...

Adiarsa MJ, SH, Minta Polres Kendari Untuk Segera Ada Penetapan Tersangka

Lentera Warga, Kendari | Mantan istri Bos THM berinisial Y dilaporkan oleh PT Putra Jaya Indopratama (PJI) ke Polres Kota Kendari terkait dugaan penggelapan...

Adnan, Kehadiran Archi House di Gowa Akan Membantu Kemajuan Daerah

Lentera Warga, Gowa | Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Launching Archi House Research and Strategic di Perumahan Citraland Celebes, Jum'at (13/01/2023). Ia mengatakan kehadiran...

TIB Akan Laporkan Perusahaan Reklame dan FO Bila Tidak Ditindaki Satpol PP Gowa

Lentera Warga, Makassar | Toddopuli Indonesia Bersatu (TIB) melalui Sekretaris Jenderal, Ruslan Rahman meminta kepihak Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP) sebagai pengaman guna...

Adnan Termasuk 8 Politisi Muda Tervokal 2022 Versi Media Massa Online

Lentera Warga, Gowa | Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan masuk dalam delapan (8) politisi muda tervokal di media massa online 2022 di Indonesia versi...

Dg. Mangka, Manfaatkan Cagar Budaya Untuk Kesejahteraan Rakyat

Lentera Warga, Gowa | Presiden Toddopuli Indonesia Bersatu, Syafriadi Djaenaf Dg Mangka angkat bicara terkait kisruh penolakan tokoh adat dan beberapa lembaga adat adanya...

Kasad Serahkan 300 Paket Bantuan Kepada Anak Terdampak Stunting

Lentera Warga, Gowa | Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman diberi gelar nama adat Gowa Daeng Malewa. Pemberian nama ini berlangsung...

Ketua LSM GMBI Sultra Desak Polres Kendari Segera Tangkap Pelaku Pencurian di THM

Lentera Warga, Kendari | Laporan pencurian dan Penggelapan sebuah Mobil yang terjadi di depan THM Paris BAR dan KTV Kendari, Jumat subuh (23/12/2022) terus...

Bupati Gowa Hadiri Pertemuan MUI dan Bab Kesucian di Yayasan Nur Mutiara Makrifatullah

Lentera Warga, Gowa | Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memimpin pertemuan antara Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan dan Kabupaten Gowa dengan Pimpinan Bab...

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Jabatan Kepala Bidang Lapas Kelas I Makassar

Lentera Warga, Makassar | Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar pagi ini melantik pejabat struktural di lingkungan Lapas Kelas I Makassar, Kantor Wilayah...

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Akan Berkunjung ke Kabupaten Gowa

Lentera Warga, Gowa | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus memantangkan persiapan untuk menyambut kedatangan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Dudung Abdurachman...

Pemkab Gowa Telah Meraih 175 Penghargaan, di Tingkat Internasional, Nasional, dan Provinsi

Lentera Warga, Gowa | Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menghadiri Kenal Pamit Kapolres Gowa dari pejabat lama, AKBP Tri Gofaruddin kepada Pejabat Baru, AKBP...

Pemkab Gowa Akan Bangun Mall Pelayanan Publik

Lentera Warga, Gowa | Januari 2023 ini, Pemerintah Kabupaten Gowa berencana akan mulai membangun Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gowa dan merenovasi Kantor Bupati...

Sekjen TIB Ungkap Cara Curang Provider Telekomunikasi di Gowa Rugikan Negara

Lentera Warga, Gowa | Toddopuli Indonesia Bersatu kembali mengguncang para Perusahaan Penyedia layanan (Provider) telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang melakukan pemasangan tiang jaringan dan...

Sidang Kasus KDRT Bos THM Kendari Hadirkan 4 Orang Saksi

Lentera Warga, Kendari | Pengadilan Negeri Kendari kembali menggelar sidang kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan seorang bos Tempat Hiburan Malam (THM)...